Situs Tempat Jual Beli Ilegal (XDedic) Ditutup Oleh FBI - Mastah Cyber

Mastah Cyber

Tutorial, Teknologi, Android, Dan Sebagainya

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, January 29, 2019

Situs Tempat Jual Beli Ilegal (XDedic) Ditutup Oleh FBI

Pada Senin tanggal 28 Januari 2019, pihak berwenang khususnya FBI dengan pihak berwenang lainnya, mengumunkan bahwa mereka telah berhasil menutup Situs Tempat Jual Beli Ilegal yang digunakan untuk menjual dan membeli server yang didapatkan dengan cara ilegal yaitu dengan peretasan.

XDedic
Situs Tempat Jual Beli Ilegal (XDedic) Ditutup Oleh FBI


Selain menutup Situs Tempat Jual Beli Ilegal ( XDedic ), mereka juga berhasil membekuk tiga tersangka pengelola situs tersebut di Ukraina.

Kantor Kejaksaan di Belgia memulai penyelidikan situs XDedic pada tahun 2016, mereka dapat melihat informasi server yang telah disembunyikan oleh pengelola situs tersebut, dan informasi tersebut sangat berguna dalam penangkapan tiga tersangka pengelola situs tersebut di Ukraina.

Sebenarnya situs ini sudah lama berjalan yaitu pada tahun 2014, dan situs ini makin terkenal setelah laporan Kapresky yang di publikasikan pada tahun 2016.

Didalam laporan tersebut disebutkan bahwa situs XDedic adalah situs tempat jual beli ilegal, mereka menjual server ilegal yang didapatkan dari peretasan yaitu berupa akun RDP ( Remote Desktop Protocol ).

Menurut laporan Kapersky, mereka telah berhasil menjual 85 ribu server ilegal, server - server tersebut mencakup seluruh dunia, didalam 85rb server tersebut beberapa diantaranya ialah server, universitas, sekolah, pemerintah dan banyak yang lainnya.

Setelah banyak media yang memperbincangkan situs XDedic, pengelola situs tersebut membatasi para pendaftar dan membuat miror dari situs tersebut di deepweb untuk jaga - jaga jika domain XDedic di suspend oleh pihak berwenang.

Namun, pada akhirnya situs tersebut berhasil ditutup oleh pihak berwenang yaitu FBI, Kepolisian Belgia,  Ukraina, dan Jerman.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here